Spot Eksotis Gili Kondo & Gili Petelu di pulau Lombok

 


Berbicara soal Pulau Lombok, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan keindahan alam di sana. Lombok memiliki banyak gili yang cukup terkenal, salah satunya Gili Kondo. Dan seperti Gili lainnya di Lombok, tentu saja Gili Kondo menyimpan banyak keindahan yang mempesona. Penasaran?

Lokasi Gili Kondo

Gili Kondo menjadi salah satu Gili yang berada dalam 33 gugusan pulau Gili, yang berada di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusat Tenggara Barat. Lokasi Gili Kondo ini terletak di sisi kanan Pulau Lombok juga di Selat Atlas yang menjadi penghubung antara Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. Hingga saat ini, Gili Kondo menjadi salah satu pulau kecil di Pulau Lombok yang tidak memiliki penghuni.

Akses Menuju Gili Kondo

Untuk menuju Gili Kondo, Anda dapat memulai perjalanan dari Kota Mataram. Kemudian lanjutkan perjalanan Anda ke Sambelia selama kurang lebih dua hingga 2,5 jam. Anda lalu dapat menggunakan kapal untuk menyeberang dari Sambelia menuju Gili Kondo selama sekitar 20 hingga 30 menit.

Fasilitas di Gili Kondo

Tidak ada tarif khusus untuk memasuki kawasan Gili Kondo, alias gratis. Gili Kondo menjadi salah satu pulau kecil di Pulau Lombok yang tidak memiliki penghuni. Namun, di sana sudah disediakan penginapan dalam jumlah terbatas bagi wisatawan, yang dapat disewa dengan memesan terlebih dahulu. Jika Anda ingin merasakan sensasi camping di Gili Kondo, maka Anda dapat mendirikan tenda di sana.

Daya Tarik Wisata di Gili Kondo

Gili Kondo dijadikan sebagai tempat konservasi untuk pemeliharaan terumbu karang. Pulau ini memiliki pasir putih yang di tengahnya terdapat penginapan bagi para wisatawan. Pasir putih yang terhampar luas ini akan berpadu dengan air laut yang berwarna biru. Penjaga pulau sangat menjaga kebersihan serta keasrian pulau ini, sehingga Gili Labak menjadi bersih dan terbebas dari kotoran ataupun sampah. Saat air laut mulai surut, Anda juga dapat mengunjungi Gili Bidara dengan berjalan kaki kurang lebih 500 meter.

Aktivitas di Gili Kondo

Anda dapat melakukan snorkling untuk dapat menikmati keindahan alam bawah laut di Gili Kondo. Pada kedalaman satu hingga dua meter, Anda juga sudah dapat menemukan terumbu karang dan aneka jenis ikan hias di antara karang.

Selain snorkling, Anda juga bisa menyusuri pantai. Pada sore hari, dari Gili Kondo, Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Rinjani sambil menunggu matahari tenggelam.


Gili Petelu, Spot Eksotis dengan Beragam Keindahan Bawah Laut yang Mempesona

Pulau Lombok memang sudah terkenal dengan banyaknya gili yang dijadikan destinasi wisata. Salah satu Gili yang berada di Pulau Lombok ini adalah Gili Petelu. Gili Petelu pun tak kalah menawan dibandingkan dengan gili-gili lain di Pulau Lombok. Nah, jika anda tertarik ingin mengunjunginya, sebaiknya simak review singkatnya dulu di bawah ini.

Lokasi Gili Petelu

Lokasi Gili Petelu tepat berada di dekat kawasan Pantai Pink yang terletak di Jerowaru, Pulau Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gili Petelu ini memiliki tiga gugusan bukit kecil.

Akses Menuju Gili Petelu

Dari pusat Kota Mataram, Anda dapat menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam untuk menuju ke Gili Petelu. Anda dapat menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Luar atau bisa dari Pantai Pink, menggunakan kapal yang dapat Anda sewa dengan biaya sebesar Rp 450.000,00. Kapal yang Anda sewa ini dapat menampung maksimal sepuluh orang.

Daya Tarik Wisata di Gili Petelu

Gili Petelu ini merupakan pulau karang yang memiliki kontur berbukit yang tidak begitu luas. Pasir pantai di Gili Petelu ini berwarna putih bersih. Air laut di Gili Petelu berwarna bening dan biru dengan ombak yang tenang. Di bawah permukaan air laut, Anda dapat menemukan aneka ragam biota laut yang menakjubkan. Ada terumbu karang berwarna hijau terang yang membentuk gerombolan. Ada pula bintang laut besar yang berwarna biru. Kalau beruntung, Anda malah dapat menemukan ikan nemo di Gili Petelu ini.

Aktivitas di Gili Petelu

Salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan di Gili Petelu adalah snorkling. Anda tidak perlu khawatir untuk menyelam di Gili Petelu ini. Ombak di Gili Petelu tidak terlalu besar dan cenderung tenang. Aktivitas ini sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut. Terlebih, air laut di Gili Petelu ini juga lumayan jernih. Sehingga, Anda akan lebih mudah melihat biota-biota laut yang sangat indah di dalamnya.

Nah, itulah sekilas informasi tentang Gili Petelu. Tertarik untuk melakukan snorkling di sana? Yuk, segera ajak keluarga ataupun teman untuk berlibur ke Gili Petelu...