Android 13 Rilis dengan Fitur yang lebih canggih

Android 13 membantu memastikan handphone Anda jadi lebih canggih – sesuai keinginan Anda. Muncul penuh dengan fitur baru untuk ponsel dan tablet Anda, seperti mempercantik tema warna aplikasi ke lebih banyak aplikasi, pengaturan bahasa yang dapat diatur pada fitur aplikasi, kontrol privasi yang ditingkatkan dan bahkan kemampuan untuk memindai teks dan media dari satu Android perangkat dan tempelkan ke perangkat lain hanya dengan satu klik.

Ada banyak alasan untuk memilih Android 13, tetapi inilah 13 alasan teratas kami:

Layar depan Android 13 yang disesuaikan dengan warna pelengkap dan ikon aplikasi yang pas dengan wallpaper menunjukkan personalisasi.

Di Setelan, Bahasa aplikasi untuk Google Maps terbuka di ponsel Android 13 yang tidak terkunci, dicentang di bawah “Disarankan.”

Widget musik disorot, menampilkan lagu untuk yang diputar. Bilah pemutaran media bergerak ke atas dan ke bawah seiring kemajuan lagu di layar perangkat Android 13.

1. Android 13 hadir dengan tampilan dan gaya yang berevolusi berdasarkan Material You . Anda dapat menyesuaikan aplikasi non-Google agar sesuai dengan tema dan warna wallpaper ponsel, sehingga menjadikan layar utama lebih kohesif dan unik sesuai gaya Anda.

2. Bagi banyak pengguna Android yang menguasai lebih dari satu bahasa, kami telah menambahkan permintaan fitur teratas. Anda dapat menetapkan bahasa tertentu untuk masing-masing aplikasi sehingga Anda dapat menjaga sistem ponsel Anda dalam satu bahasa, dan setiap aplikasi Anda dalam bahasa yang berbeda.

3. Android 13 dilengkapi pemutar media terbaru yang menyesuaikan tampilan dan nuansanya berdasarkan musik atau podcast yang Anda dengarkan. Misalnya, saat Anda mendengarkan musik, pemutar media menyorot sampul album dan memiliki bilah pemutaran yang menari seiring Anda melanjutkan lagu. Bahkan berfungsi untuk media yang diputar melalui Chrome.

4. Kesehatan Anda telah menjadi tema penting untuk Android – dan tidur yang cukup adalah kuncinya! Android 13 memungkinkan Anda menyesuaikan lebih lanjut mode Waktu Tidur dengan peredupan wallpaper dan tema gelap. Opsi layar ini membantu mata Anda menyesuaikan diri dengan kegelapan saat hendak tidur – dan kembali tidur jika Anda bangun dan memeriksa ponsel di tengah malam.

Menjaga Anda tetap terlindungi dan aman

5. Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda harus berbagi seluruh perpustakaan media dengan aplikasi Anda. Di Android 13, Anda hanya dapat memilih foto dan video tertentu yang perlu diakses.

6. Cegah akses yang tidak diinginkan ke clipboard Anda. Jika Anda menyalin data sensitif seperti alamat email, nomor telepon, atau kredensial login di perangkat Anda, Android akan secara otomatis menghapus riwayat clipboard Anda setelah jangka waktu tertentu.

7. Android 13 membantu mengontrol notifikasi dan memastikan Anda hanya mendapatkan notifikasi yang diminta. Aplikasi yang Anda unduh sekarang memerlukan izin eksplisit Anda untuk mengirim notifikasi, bukan diizinkan mengirim notifikasi secara default.

Membantu perangkat Anda bekerja lebih baik bersama-sama

Pengguna menulis email di tablet Android dengan Gmail terbuka. Pengguna membuka perpustakaan aplikasi lengkap dari bilah tugas dan menyeret Foto ke layar dalam mode layar terpisah dengan Gmail. Dengan pembagian layar, pengguna menekan keras gambar dari aplikasi Foto yang terbuka di sisi kanan layar dan menyeretnya ke email di sisi kiri layar.

Ponsel Android 13 membuka Pesan dan muncul teks yang menanyakan “Hai Katherine, apa kabar?” Katherine menjawab, “Bagus! Baru saja kembali dari toko kelontong”. Gelembung teks meluas dan berpindah ke layar Chromebook. Pengguna merespons teks dari Chromebook yang mengatakan, “Oh bagus! Membuat sesuatu yang enak malam ini?”

Layar ponsel Android 13 dengan situs web Nest Audio. Pengguna menekan keras gambar Nest Audio dan mengetuk “Salin”. Gambar dianimasikan ke ikon Berbagi Terdekat. Berbagi Terdekat dibuka dengan "Mencari perangkat Anda" yang berdenyut, mengidentifikasi Tablet Liza. Pengguna mengetuk Tablet Liza. Tablet ini bernyawa di sebelah telepon. Layar tablet menampilkan “Ide Hadiah Ulang Tahun”. Ikon Berbagi Terdekat dianimasikan, dan pengguna mengetuk “Tempel” untuk mentransfer gambar Nest Audio yang disalin dari layar ponsel ke layar tablet.

8. Serasa seperti Anda berada di tengah-tengah aksi dengan Audio Spasial. Pada headphone yang didukung dan memungkinkan pelacakan kepala, Audio Spasial menggeser sumber suara untuk beradaptasi dengan cara Anda memutar kepala, sehingga memberi Anda pengalaman mendengarkan yang lebih mendalam di ponsel atau tablet Android Anda.

9. Saat Anda menggunakan laptop, Anda tentu tidak ingin mengganggu alur kerja Anda untuk merespons obrolan dari ponsel Anda. Anda akan segera dapat melakukan streaming aplikasi perpesanan langsung ke Chromebook sehingga Anda dapat mengirim dan menerima pesan dari laptop Anda.

10. Android 13 mengadopsi Audio Bluetooth Low Energy (LE), standar audio Bluetooth baru yang menghasilkan latensi lebih rendah dibandingkan audio klasik. Hal ini memungkinkan Anda mendengar audio yang lebih sinkron dengan sumber suara, sehingga mengurangi penundaan. Dengan Audio Bluetooth Hemat Energi (LE), Anda juga dapat menikmati kualitas audio yang ditingkatkan dan menyiarkan audio ke beberapa perangkat secara bersamaan.

11. Anda akan segera dapat menyalin konten — seperti URL, gambar, teks atau video — dari ponsel Android Anda dan menempelkannya di tablet Anda. Atau Anda dapat memulai di tablet dan menempelkannya ke ponsel Anda.

12. Multitasking di tablet Anda semakin mudah dengan Android 13. Dengan taskbar yang baru diperbarui di tablet, Anda dapat melihat semua aplikasi Anda sekilas dan dengan mudah menarik dan melepas aplikasi apa pun di perpustakaan Anda ke mode layar terpisah.

13. Tablet Android akan mendaftarkan telapak tangan dan pena stylus Anda sebagai sentuhan terpisah. Jadi, baik saat Anda menulis atau menggambar di tablet, Anda akan melihat lebih sedikit tanda nyasar yang tidak disengaja karena hanya meletakkan tangan Anda di layar.

Android 13 dilengkapi dengan fitur ini dan banyak fitur lainnya , seperti dukungan video HDR pada aplikasi kamera pihak ketiga, pengalih keluaran media yang diperbarui, tampilan braille untuk Talkback, dan banyak lagi. Dan ini lebih dari sekadar ponsel untuk memberi Anda serangkaian pengalaman yang terhubung di perangkat lain seperti tablet dan laptop.

Android 13 diluncurkan ke perangkat Pixel mulai hari ini. Akhir tahun ini, Android 13 juga akan diluncurkan ke perangkat favorit Anda mulai dari Samsung Galaxy, Asus, HMD (ponsel Nokia), iQOO, Motorola, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, vivo, Xiaomi, dan banyak lagi.

Android 13 jadi versi operating system atau OS Android yang paling banyak digunakan oleh perangkat dengan sistem operasi tersebut saat ini. Hal ini terungkap dalam sebuah laporan terbaru dari Google.

Temuan tersebut tercatat per 1 Oktober 2023, melalui sebuah pembaruan yang rilis dua tahunan di Android Studio. Sebelumnya, Google memperbarui data distribusi versi Android setiap bulan, namun tidak lagi dilakukan.

Dalam laporannya, Gizchina, dikutip, Jumat (3/11/2023) menyebut bahwa Android 13 mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam lima bulan sejak pembaruan data terakhir, dengan peningkatan pangsa pasar 7,4 persen.

Android 13 jadi versi operating system atau OS Android yang paling banyak digunakan oleh perangkat dengan sistem operasi tersebut saat ini. Hal ini terungkap dalam sebuah laporan terbaru dari Google.

Temuan tersebut tercatat per 1 Oktober 2023, melalui sebuah pembaruan yang rilis dua tahunan di Android Studio. Sebelumnya, Google memperbarui data distribusi versi Android setiap bulan, namun tidak lagi dilakukan.

Dalam laporannya, Gizchina, dikutip, Jumat (3/11/2023) menyebut bahwa Android 13 mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam lima bulan sejak pembaruan data terakhir, dengan peningkatan pangsa pasar 7,4 persen.

Saat perhitungannya, Google mencatat sistem operasi Android 13 sudah digunakan di 22,4 persen perangkat Android yang aktif.

Uniknya, Android 11 berada di peringkat kedua, dengan 21,6 persen perangkat aktif yang menggunakannya, melampaui pangsa 15 persen dari penerusnya, Android 12.

Pengguna perangkat dengan Android 10 ternyata juga masih cukup banyak dengan pangsa 16,1 persen perangkat aktif, melampaui Android 12.

Sistem operasi Android Pie atau Android 9, juga masih ada di 10,5 persen perangkat, namun versi lama ini cepat menyusut jumlahnya. Sementara Android Oreo ada di 7,3 perangkat

Sedangkan Nougat, Marshmallow, dan Lollipop, hanya dipakai di sekitar dua persen perangkat Android, dengan Nougat sebesar 2,6 persen, Marshmallow 1,9 persen, dan Lollipop 1,4 persen.